VISITASI AKREDITASI SMP Negeri 4 PATI

Sebanyak dua orang tim akreditasi sekolah dari Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi Sekolah/ Madrasah, masing-masing Drs. H. Ahmad Junaedi, M.Pd dan Drs. H. Subchan, MA berada di SMP Negeri 4 Pati selama dua hari (Senin dan Selasa/ 24 dan 25 Agustus 2009) untuk melaksanakan visitasi penilaian diri sebagai bagian pelaksanaan akreditasi sekolah tahun 2009. Mereka diterima langsung oleh Kepala Sekolah, Drs. H. Gunawan Setiadi, SIP, MPd yang didampingi oleh delapan orang tim akreditasi sekolah.

Sebelum melakukan penilaian kedua asesor dari kabupaten Kudus ini memberi pengarahan kepada Bapak/ Ibu guru dan menjelaskan tentang pelaksanaan Visitasi Sekolah. Instrumen Akreditasi SMP/MTs disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 169 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban.

Selanjutnya keduanya membagi tugas untuk hari pertama, dari komponen pertama sampai keempat diperiksa oleh Bapak Ahmad Junaedi sedangkan komponen kelima sampai kedelapan diperiksa oleh Bapak Subchan dan untuk hari kedua kebalikannya. Menurut keterangan Kepala Sekolah, visitasi ini adalah tindak lanjut permintaan pihak sekolah kepada BAS Propinsi untuk akreditasi sekolah.

Tim akreditasi turun ke sekolah untuk memeriksa langsung apakah keterangan atau pernyataan yang dikirmkan ke BAS Propinsi itu ada buktinya di sekolah. Melihat dan memeriksa keabsahan bukti fisik itulah tugas tim ini datang ke sekolah.

Komponen-komponen yang diperiksa oleh tim adalah 1) Komponen Standar Isi; 2) Komponen Standar Proses; 3) Komponen Standar Kompetensi Kelulusan; 4) Komponen Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan,; 5) Komponen Standar Sarana Prasarana; 6) Komponen Standar Pengelolaan;7) Komponen Standar Pembiayaan; 8) Komponen Standar Peniliaian Pendidikan. Kesemua komponen ini, sesuai dengan yang telah dilaporkan dalam penilaian diri, harus ada bukti fisiknya.

Menurut keterangan tim akreditasi Propinsi hasil dari pelaksanaan visitasi ini baru akan diketahui kurang lebih tiga bulan yang akan datang. “Kami hanya membuktikan ada atau tidaknya komponen yang diminta. Kalau ada ditulis ada, dan jika tidak ada akan kami laporkan tidak ada,” katanya. Penilaian yang nantinya akan berupa peringkat A atau B ataukah C itu akan ditentukan dalam sidang pleno semua anggota tim. Demikian disampaikan oleh kedua orang anggota tim dalam acara pertemuan terakhir sebagai penutupan tugas pada hari kedua.