Sejarah

SEJARAH SMP NEGERI 4 PATI

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, pemerintah membutuhkan tenaga-tenaga yang berpendidikan untuk menjalankan roda pemerintahan dan khususnya tenaga terampil tingkat menengah. Oleh karena itu pemerintah mendirikan Sekolah Menengah Ekonomi Pertama (SMEP) di Kabupaten Pati tahun 1951 di Jalan Panglima Sudirman no. 18 Pati. Sebagai kepala sekolah pertama adalah Soeparman kemudian hery winoto, BA ditunjuk oleh pemerintah untuk menggantikan Soeparman.

Karena kebijakan pemerintah SMEP Negeri Pati diintegrasikan menjadi SMP Negeri 4 Pati tahun 1979. Kepala Sekolah pertama kali untuk SMP Negeri 4 Pati adalah Soetarno, BA. Setelah cukup lama SMP Negeri 4 Pati dipimpin oleh Soetarno, BA maka beliau dimutasikan di SMP Negeri yang lain, berikutnya diganti oleh Suud Samsul Maghribi, BcHk berikutnya Soecipto diunjuk menjadi Kepala SMP Negeri 4 Pati.

Setelah Soecipto purna tugas pemerintah mengangkat Soenaryo, BA sebagai Kepala SMP Negeri 4 Pati, kemudian Soeparmin Budi Suwignya menggantikan Soenaryo, BA. Karena purna tugas Soenaryo, BA diganti oleh Drs. Budi Purwanto.
Sejak tahun 2002 SMP Negeri 4 Pati dipimpin oleh Untung Kusmanto, SH, M.Pd. Dalam kepemipinan beliau SMP Negeri 4 Pati mendapat predikat Sekolah Standar Nasional (SSN). Tahun 2007 Dinas Pendidikan Kab. Pati menunjuk Drs. Gunawan Setiadi, SIP, M.Pd sebagai Kepala Sekolah mengganti Untung Kusmanto, SH, M.Pd.

Setelah beberapa tahun menjadi SSN, maka sejak tahun pelajaran 2009/2010 SMP Negeri 4 Pati mulai membuka satu kelas bilingual atau dwibahasa. Dalam bilingual ada tiga mata pelajaran: matematika, IPA dan TIK yang proses pembelajarannya menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.