Siswa SMPN 4 Pati Juara Pidato Bahasa Jawa di FTBI Tingkat Provinsi

Prestasi membanggakan diraih oleh siswa SMPN 4 Pati, Salim Maula Sa’ad dari kelas 9A. Salim berhasil meraih juara pada Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk jenjang SMP.

Setelah berhasil meraih juara pertama lomba pidato pada FTBI tingkat Kabupaten, Salim mewakili Kabupaten Pati pada ajang Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek dari tanggal 11-13 November 2022 di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kegiatan berupa lomba untuk peserta didik SD dan SMP ini digelar dalam rangka merayakan Merdeka Belajar: Revitalisasi Bahasa Daerah. Festival ini diikuti oleh perwakilan atau tunas-tunas muda yang berprestasi dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Ada tujuh lomba kategori putra dan putri. Untuk Cabang SD meliputi Menulis Aksara Jawa, Mendongeng, dan Membaca Geguritan. Sedangkan jenis lomba tingkat SMP meliputi Pidato Bahasa Jawa, Nembang Macapat, Menulis Geguritan, dan Membaca Aksara Jawa.

Pada lomba tersebut, Salim berhasil meraih juara I Lomba Pidato Bahasa Jawa kategori Putra. Atas prestasi ini, keluarga besar SMPN 4 Pati merasa sangat bangga karena Salim telah mengharumkan nama sekolah dan daerah. Semoga dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi SMPN 4 Pati untuk berprestasi di berbagai bidang. (EF)

Selamat,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *