Ikrar Anti Perundungan digemakan di SMP Negeri 4 Pati

Upacara bendera di SMP Negeri 4 Pati pada hari Senin, 16 Oktober 2023 nampak berbeda. Tak seperti biasanya, siswa – siswa berjajar sangat rapi. Siswa – siswi yang tergabung dalam OSIS menjadi petugas upacara juga melaksanakan tugasnya pada pagi hari itu dengan sangat baik. Yang membuat berbeda adalah pembina upacara yang berada di mimbar. Beliau adalah Bapak Sukadi dari Polresta Pati yang berkunjung di SMP Negeri 4 Pati beserta jajaran dari Kepolisian Resor Kota Pati.

Hal ini dalam rangka mendorong kampanye anti perundungan. Dengan maraknya berita perundungan yang tersebar di sosmed akhir – akhir ini membuat masyarakat khawatir, apalagi perundungan yang terjadi tersebut adalah di ranah pendidikan, seperti sekolah. Apalagi korban dari perundungan tersebut tidak hanya siswa, melainkan juga guru. Perundungan berdampak negatif, untuk itu harus segera dicegah. Kasus nyata yang sudah terjadi di beberapa daerah bisa menjadi pelajaran bagi peserta didik agar tidak pernah terjadi lagi dimanapun dan kapanpun. Untuk itu perundungan harus dicegah melalui edukasi dini, hal inilah yang mendorong polresta Pati menggalakkan kampanye anti perundungan.

Di akhir kegiatan upacara, ketua OSIS, Joice Calista Arabella bersama dengan Ibu Siti Aminah, S.Pd selaku guru BK membacakan deklarasi atau ikrar anti perundungan yang ditirukan oleh semua siswa SMP Negeri 4 Pati. Semoga dengan dibacakannya ikrar tersebut, SMP Negeri 4 Pati yang merupakan sekolah ramah anak di Kabupaten Pati dapat mencegah dan menghindari perundungan baik guru, siswa maupun semua warga sekolah. (dp*red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *